Pangkat Polisi Dan Tugasnya Masing-masing

Pangkat Polisi Dan Tugasnya Masing-masingKita tahu bahwa profesi polisi merupakan profesi yang sangat penting. Keberadaanya tidak hanya di kota besar atau wilayah kabuupaten saja. Sebisa mungkin, setiap desa atau perkampungan memiliki satuan kepolisian. Tentu hal ini menciptakan rasa aman terhadap masyarakat yang bermukim di wilayah tersebut. Namun, tahukah Anda apa saja urutan pangkat polisi?

Pangkat pada profesi kepolisian terdiri dari tiga golongan utama. Yang pertama adalah Perwira, yang kedua adalah pangkat Bintara dan yang terakhir adalah pangkat dengan sebutan Tamtama. Ketiganya merupakan pangkat kepolisian mulai dari yang tertinggi hingga yang terendah. Dimana dalam menjalankan tugasnya, masing-masing tentu memiliki kewajiban yang berbeda.

Sudah dijelaskan diatas bahwa ketiga golongan kepolisian di atas memiliki tanggungjawab yang berbeda. Masing-masing melakukan tugasnya berdasarkan aturan kedinasan yang sudah di atur. Wilayah kerjanya pun berbeda. Untuk mengetahui lebih jelasnya, Anda perlu mengetahui tugas dari masing-masing golongan tersebut.

Perwira

Golongan Perwira merupakan golongan paling tinggi pada level kepangkatan kepolisian. Namun, Anda perlu tahu bahwa golongan ini terbagi lagi menjadi golongan perwira tinggi, Perwira Menengah dan juga Perwira Pertama. Tugas utama dari golongan ini yaitu mengkoordinir tugas-tugas dari golongan dibawahnya. Meski demikian, masing-masing diantaranya masih memilki beberapa jabatan lainnya. Misalnya untuk pangkat polisi perwira tinggi dimana dalam menjalankan tugasnya terdapat jabatan Jendral Polisi, Komisaris Jendra Polisi Serta Inspektur Polisi. Perbedaan dari ketiganya sangat jelas terlihat pada satuan kerjanya. Hal ini Belum termasuk perwira menengah dan juga perwira pertama.

Bintara

Golongan pangkat dari profesi kepolisian yang kedua adalah Bintara. Untuk golongan ini juga terbagi atas dua jenis jabatan, ada yang menjabat sebagai Bintara Tinggi dan juga Ada yang menjabat sebagai Brigadir. Golongan ini menjadi garda terdepan saat Anda membuat SIM atau bahkan melaporkan sebuah kejadian perkara. Sementara itu, istilah BRIPKA, BRIKPOL, BRIPTU, BRIGDA, merupakan bagian dari golongan Brigadir.

Tamtama

Dalam dunia kepolisian, golongan Tamtama merupakan golongan yang paling rendah jika dibandingkan dengan dua jenis golongan di atas. Meski demikian, bukan berarti golongan ini memiliki tanggungjawab yang ringan. Tugasnya justru bisa dikatakan sebagai tugasĀ  yang penting. Sebab Tamtama menjadi golongan yang menindaklanjuti dan mengeksekusi langsung tugas khusus kepolisian.

Mengetahui gambaran besar pangkat polisi di atas tentu memberikan banyak pelajaran. Ternyata untuk menjadi polisi dengan kedudukan yang tinggi harus melewati beberapa proses dan jenjang karir yang tidak mudah.

Editor : https://penuliscantik.com/author/admin/

Related Posts

Erni Hayati

Seorang ibu rumah tangga yang ingin selalu memberikan yang terbaik untuk keluarga. Kalau kata suami saya orangnya suka merajuk manjah hahahaha.